Soal UN dan SBMPTN - Klasifikasi Mahluk Hidup
Kami awali postingan ini dengan sebuah quote "berakit ke hulu berenang ke tepian, bersakit-sakit dahulu lolos ujian kemudian" yeay... aamiin. Setidaknya, dari quote tersebut kita bisa mengambil pelajaran bahwa untuk mendapat sesuatu pasti ada 'ujian' yang harus dihadapi. Kata ujian disini berlaku untuk ujian sekolah maupun ujian di kehidupan sehari-hari, hee.
Baiklah, dalam kesempatan ini mari sama-sama kita persiapkan diri untuk menghadapi ujian, khususnya UN dan SBMPTN bagi murid sekolah menengah atas (SMA). Sengaja kami buat postingan yang didalamnya terdapat kumpulan soal ujian nasional (UN) dan SBMPTN yang telah kami susun per bab di setiap tingkatannya (grade).
No
|
Soal
|
1
|
Seorang geolog menemukan berbagai macam batuan di suatu lembah. Ia membagi batuan tersebut berdasarkan bentuk dan tekstur luar dari batuan tersebut. Hasil dari pembagiannya adalah: batuan rapuh dan kasar, kristal dan batuan beku yang solid. Sistem klasifikasi yang ia pakai mempunyai kesamaan dengan sistem klasifikasi di biologi, yakni …
(A) fenetik
(B) filogenetik
(C) buatan
(D) binomial nomenklatur
(E) taksa
|
2
|
Sistem klasifikasi biologi yang mengutamakan kesamaan fenotip tanpa melihat hubungan evolusi dari organisme-organismenya disebut sistem …
(A) filogenetik
(B) kladistik
(C) alamiah
(D) buatan
(E) fenetik
|
3
|
Apa yang dimaksud dengan filogeni dari suatu spesies?
(A) kesamaan morfologi dengan spesies lainnya
(B) kelompok spesies yang dapat saling kawin dan menghasilkan anak yang fertil
(C) sejarah evolusi dari spesies
(D) distribusi geografis dari suatu spesies
(E) terkait keberadaan spesies pada filumnya
|
4
|
Ilmu taksonomi perlu bantuan dari bidang ilmu lain untuk mensuplai informasi yang dibutuhkan untuk pengklasifikasian. Salah satu sumber informasi adalah dari catatan fosil. Bidang ilmu apakah yang berkontribusi terhadap taksonomi dari penggalian fosil?
(A) sistematik
(B) taxidermi
(C) paleontologi
(D) museologi
(E) arkeologi
|
5
|
Dalam sistem 5 kingdom whittaker, kingdom plantae mempunyai ciri: autotrofik, eukariotik dan …
(A) multiseluler
(B) motil
(C) dapat multiseluler atau uniseluler
(D) reproduksi seksual
(E) reproduksi spora
|
6
|
Virus tidak dimasukkan ke dalam klasifikasi 5 kingdom whittaker, alasan utama dari tidak dimasukkannya virus ke dalam klasifikasi mahkluk hidup adalah …
(1) virus hanya bisa berkembang biak di jaringan hidup
(2) virus menginfeksi sel mahluk hidup lain
(3) virus dapat membentuk kristal
(4) virus mempunyai materi genetic DNA/RNA
|
7
|
Sistem Klasifikasi Whittaker adalah sistem yang terbaik yang kita punya untuk mengklafikasikan kompleksitas jenis mahkluk hidup. Terkadang ada suatu kelompok yang dapat masuk ke dalam dua kelompok secara bersamaan, Contohnya adalah kelompok cyanophyta yang dapat digolongkan ke dalam dua kingdom, yaitu …
(A) animalia dan plantae
(B) fungi dan monera
(C) monera dan protista
(D) plantae dan monera
(E) protista dan fungi
|
8
|
Alasan tidak dimasukkannya jamur ke dalam kingdom plantae adalah tiadanya klorofil di dalam sel-selnya. Jamur mempunyai kingdom sendiri, yaitu fungi, sedangkan yang membedakannya dengan kingdom animalia, walau keduanya tidak berklorofil adalah …
(A) jamur bersifat uniseluler
(B) jamur mempunyai membran inti
(C) jamur mempunyai pencernaan internal
(D) jamur mempunyai pencernaan eksternal
(E) jamur bersifat sesil
|
9
|
Kompleksitas kingdom monera ternyata menyebabkan beberapa anggotanya dikeluarkan dari kelompoknya. Mereka dibuatkan suatu kelompok tersendiri yang disebut domain archeabacter. Dari sisi filogenetis dan morfologis mereka lebih dekat dengan domain eukariot. Ciri manakah yang membuat kelompok-kelompok bakteri archaea terpisah dari bakteri lainnya?
(A) dinding sel dari peptidoglikan
(B) pertumbuhan di batasi oleh antibiotik
(C) tidak peka terhadap antibiotik
(D) bersifat kosmopolit
(E) tidak mempunyai membran inti
|
10
|
Dalam sistem tata nama ganda linneus, terdapat aturan-aturan untuk memberi nama suatu spesies. Berikut adalah aturan-aturan tersebut, kecuali …
(1) kata pertama didahului huruf besar
(2) kata kedua adalah spesies dengan huruf kecil
(3) nama spesies di garis bawahi atau dicetak miring
(4) selalu diambil dari bahasa latin
|