Download PPT Semua Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka untuk SMA

Selamat datang teman-teman yang budiman. Menyampaikan materi pelajaran atau kuliah akan lebih mudah jika difasilitasi dengan suatu media. Yups, tidak lain dan tidak bukan itu adalah media powerpoint atau PPT. Media ini banyak digunakan oleh guru atau pun dosen dalam menyampaikan materi pelajaran atau kuliah. Dalam postingan ini kita akan membahas terkait media powerpoint dalam implementasi kurikulum merdeka. Di akhir tulisan ini akan disampaikan tautan untuk download PPT semua mata pelajaran Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMA.


Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam implementasinya, guru diberikan keleluasaan memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan. Penyesuaian ditentukan berdasarkan kebutuhan belajar dan minat peserta didik pada tiap jenjang pendidikan. Termasuk juga media ajar berupa slide powerpoint PPT mapel kurikulum merdeka.

Dalam kurikulum merdeka, terdapat berbagai bentuk bahan ajar yang dapat diterapkan. Bahan ajar yang dimaksud mencakup komponen berikut.

  1. Buku Teks Pelajaran - merupakan jenis perangkat ajar dalam bentuk buku pelajaran pada bidang mata pelajaran tertentu.
  2. Modul Ajar - adalah perangkat pembelajaran kurikulum merdeka yang digunakan pendidik. Modul Ajar digunakan untuk melaksanakan pembelajaran dalam rangka mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Modul ajar adalah penjabaran lebih rinci dari alur tujuan pembelajaran atau ATP.
  3. Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila - Modul Projek merupakan perangkat ajar yang dikembangkan sebagai panduan warga sekolah dalam melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
  4. Contoh kurikulum operasional satuan pendidikan
  5. Video Pembelajaran - merupakan perangkat ajar berupa audio visual dari berbagai sumber sebagai penunjang dalam menyampaikan informasi terkait materi pembelajaran.

Dari perangkat-perangkat di atas, biasanya guru lebih akrab menggunakan media ajar berupa powerpoint atau PPT. Media ajar berupa PPT umum digunakan guru dalam menyampaikan materi dan informasi terkait pembelajaran.

Sebagaimana diketahui, bahwa Kurikulum Merdeka memiliki 3 karakteristik utama. Ketiga karakteristik tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pengembangan Soft Skills dan Karakter
  2. Fokus pada Materi Esensial
  3. Pembelajaran yang Fleksibel

PPT Mapel Kurikulum Merdeka

Berdasarkan tiga karakteristik kurikulum merdeka, menuntut guru dan sekolah untuk menyesuaikan dalam memberikan pelayanan pembelajaran kepada peserta didik. Sesuai karakteristik kedua, yaitu fokus pada materi esensial, terdapat materi yang wajib disampaikan dan sebagian materi hanya sebagai tambahan. Sehingga, materi yang biasanya terbagi ke dalam sejumlah bab atau bahasan mengalami pemadatan. Alhasil akan berdampak pada media ajar seperti PPT yang harus ditampilkan pada peserta didik.

Berkaitan dengan hal tersebut, sebagai contoh media ajar yang telah disesuaikan dengan materi esensial kurikulum merdeka. Berikut kami siapkan contoh PPT Mapel Kurikulum Merdeka untuk Jenjang SMA. Silakan dipilah untuk PPT-nya sesuai dengan mata pelajaran yang diampu ya bapak/ibu guru hebat.

DOWNLOAD PPT KUMER ALL MAPEL

If you think you can, yes you can. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

www.domainesia.com