Download Materi Biologi Kelas 11 (Powerpoint)

Ada yang mengatakan bahwa biologi adalah induk atau ibunya ilmu. Ya, betul seklai. tahu ga kenapa? Hmm... Karena dari biologi (sebagai ilmu dasar) akan bermunculan berbagai ilmu lain bahkan ilmu terapan yang banyak ditemukan sekarang ini. Contohnya adalah pertanian yang didalamnya dikaji ilmu morfologi, anatomi, fisiologi dan cabang ilmu lainnya yang berfokus pada tumbuhan.
Download Materi Biologi Kelas 11 (Powerpoint)

Dalam kesempatan ini, kami akan mencoba untuk sedikit membahas ilmu biologi dalam pembelajaran di sekolah tingkat menengah. Biologi merupakan salah satu disiplin ilmu yang memiliki titik berat pada hafalan teori dan prinsip keilmuannya. Mata pelajaran biologi berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami tentang alam secara sistematis,sehingga biologi bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta konsep-konsep,prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan  Bidang kajian ilmu biologi cukup luas mulai dari klasifikasi mahluk hidup dengan sistem 5 atau 6 kingdom-nya sampai pada  tingkat biologi sel dan molekuler. Dalam pendidikan sekolah menengah, Biologi adalah salah satu mata pelajaran yang pokok bagi jurusan IPA dan menjadi mata pelajaran yang masuk ke dalam ujian nasional (UTBK kalo sekarang). Maka, menjadi sebuah kewajiban bagi guru pengampu biologi untuk dapat menjelaskan dan membimbing peserta didik agar dapat memahami mata pelajaran tersebut melalui proses pembelajaran. 

Disebutkan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dansumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan usahasengaja, terarah dan bertujuan agar orang lain dapat memperoleh pengalamanyang bermakna (BSNP, 2006). Proses pembelajaran yang mengimplementasikan scientific approach (pendekatan sains) akan mencapai tiga ranah, yaitu: sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor). Dengan proses pembelajaran yang demikian maka diharapkan hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.

Untuk menunjang pembelajaran di kelas, maka perlu adanya bahan pembelajaran (dalam hal ini bisa berupa materi powerpoint) yang diharapkan akan menjadi stimulus bagi peserta didik, baik bahan pembelajaran kelas X, bahan pembelajaran kelas XI, maupun bahan pembelajaran kelas XII. Berikut adalah materi biologi kelas XI untuk sekolah menengah atas (SMA) atau madrasah aliyah (MA).

Bahan ajar adalah seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya.

Berikut adalah bahan ajar kelas 11 :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

www.domainesia.com