PPT GRATIS Biologi Kelas 10 - Bab Kingdom Animalia || Media Ajar

Media Ajar Bab Kingdom Animalia - Biologi Kelas 10

Dalam tulisan kali ini kita akan membahas tentang materi pembelajaran pada bahasan bab animalia. Ya, materi ini terdapat pada salah satu bahasan di mata pelajaran biologi kelas 10. Animalia merupakan kelompok organisme yang dikenal sebagai hewan. Secara umum, animalia memiliki karakter begerak secara aktif, tergolong heterotrof, sistem organ cenderung lengkap dan selnya tidak memiliki dinding sel. Agar lebih memudahkan dalam penyampaian materi animalia ini, maka dikemas dalam bentuk bentuk powerpoint (PPT). Melalui PPT, seseorang dapat menyampaikan materi secara lebih ringkas dan fokus pada poin-poin pembahasannya saja. 
PPT GRATIS Bab Kingdom Animalia - Media Ajar Biologi Kelas 10

Tetapi, sebelum menuju ke slide powerpoint, berikut beberapa poin penting yang perlu untuk diperhatikan dalam mempelajari Kingdom Animalia, yaitu :
  1. Apa itu Kingdom Animalia
  2. Ciri dan Karakter Kingdom Animalia
  3. Klasifikasi Kingdom Animalia

Apa itu Kingdom Animalia ?

Animalia merupakan kelompok organisme yang mencakup berbagai jenis hewan dengan beragam ukuran dan bentuk, termasuk manusia di dalamnya. Jika kita amati, hewan sangatlah beragam mulai dari jenis, ukuran, bentuk, sampai pada perilakunya. Berdasarkan habitatnya, kita dapat menemukan hewan yang aktif di daratan (terestrial) maupun di perairan (akuatik). 
Saat ini, banyak hewan yang sudah mengalami domestikasi atau dipelihara oleh manusia. Tapi, masih banyak lagi hewan yang berada di alam bebas pastinya yaa. Nah, sebagai landasan dasar, para ahli zoologi membagi dan mengelompokan hewan berdasarkan rongga tubuhnya, lapisan embrionalnya, simetri tubuhnya, dan karakter lainnya.

Ciri-ciri Kingdom Animalia 

Agar kita mudah untuk mempelajari dan mengelompokan hewan, perlu kiranya kita mengenal ciri dan karakter hewan. Karena, dengan mengenal ciri-cirinya kita bisa memahami karakter dari setiap kelompok hewan. Dengan beragam jenis hewan, sudah tentu klasifikasinya juga banyak dan bervariasi. Misalnya, kita mengenal ayam dan bebek ke dalam kelompok unggas. Hal ini didasarkan pada karakter kulit yang ditutupi oleh bulu, memiliki paruh, dan ciri lainnya. Nah, berikut adalah ciri-ciri umum dari organisme yang termasuk Kingdom Animalia :
  1. Organisme Eukariotik (memiliki membran nukleus)
  2. Multiseluler (tubuh tersusun atas banyak sel)
  3. Bersifat Heterotrof (tidak dapat mensintesis makanan sendiri)
  4. Bergerak aktif (motil), tetapi ada beberapa jenis yang bersifat sesile atau menempel
  5. Mengalami reproduksi seksual secara umum (sebagian dapat melakukan reproduksi aseksual)

Klasifikasi Kingdom Animalia

Secara umum pengelompokan atau pengklasifikasian hewan didasarkan pada ada tidaknya tulang belakang sebagai salah satu penyusun tubuh hewan. Sehingga kita kenal dengan dua kelompok utama yaitu vertebrata yang bertulang belakang dan invertebrata yang tidak bertulang belakang. Sedangkan, jika diklasifikasikan berdasarkan kelompok takson nya terdapat 9 filum di bawah kingdom animalia yaitu :
  1. Porifera
  2. Coelenterata (Cnidaria)
  3. Platyhelminthes
  4. Nemathelminthes
  5. Annelida
  6. Mollusca
  7. Arthropoda
  8. Echinodermata
  9. Chordata
Agar lebih memudahkan dalam mengenali dan memahami pengelompokan pada kingdom animalia, simaklah gambar berikut.
PPT GRATIS Bab Kingdom Animalia - Media Ajar Biologi Kelas 10

Nah, untuk mempelajari bahasan tentang kingdom animalia secara utuh, silakan bisa pelajari pada konten berikut.
Untuk mendapatkan file powerpoint PPT kingdom animalia ini bisa download di sini. Sekian dulu pembahasan mengenai kingdom animalia, jika ada kesalahan dan kekeliruan serta saran bisa tuliskan pada kolom komentar ya, terima kasih.

Pengumpulan Tugas pembuatan PPT bab animalia silakan upload ke sini ya.

UPLAOD TUGAS PPT

Pelajari dan download materi atau media ajar biologi kelas 10 lainnya di bawah ini.

Kingdom Fungi

Kingdom Plantae 1

Kingdom Plantae 2

Ekosistem

Siklus Biogeokimia

Full Materi Biologi Kelas 10

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

www.domainesia.com