Cara Membuat Rekap Absen Online secara Otomatis dengan Google Form

Selamat datang kami sampaikan kepada para pembaca budiman dan baik hati. Pada postingan ini, kami akan membahas tentang cara membuat Rekap Absen Online secara Otomatis dengan Google Form. Basis dari absensi ini adalah dengan platform dari google yaitu dari google form. Setelah google dibuat, kita tinggal mengatur pada spreadsheet yang memuat data kehadiran atau ketidakhadrian peserta didik / murid.
Cara Membuat Rekap Absen Online secara Otomatis dengan Google Form

Berikut adalah beberapa langkahnya.

1. Membuat Google Formulirnya, contohnya seperti pada gambar di bawah ini.


2. Uji cobakan kepada murid untuk mengisi formulir tersebut

3. Setelah ada murid yang mengisi formulir tersebut, bukalah respon pada formulir anda (Buka google drive lalu buka google formulirnya, klik bagian respon)

4. Klik atau buka file spreadsheetnya, 

5. Buka pada form response (lembar kerja 1)

6. Tambah 3 kolom selanjutnya seperti contoh di bawah ini



7. Penambahan 3 kolom dengan keterangan seperti pada gambar di atas, dilakukan dengan menambahkan Rumus Rekap Absen Otomatis

8. Tambahlah sheet atau lembar kerja baru pada spreadsheet dengan menekan tanda plus di bagian kiri bawah spreadsheet. Lalu ganti nama misalnya Rekap Absen Bulanan.

9. Pada sheet kedua, buat format rekap bulanan atau dengan copy paste dari Format Rekap Absen yang sudah disediakan. Contohnya seperti gambar berikut.


10. Masukan Rumus Rekap Absen Otomatis yang telah disediakan untuk merekap kehadiran murid secara kontinu.

Lebih lengkap dan detailnya dapat anda simak pada tayangan berikut.



Mohon maaf jika masih ada kekurangan dan semoga membantu bapak ibu dan teman-teman semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

www.domainesia.com