Cara Membuat Rekap Absen Online secara Otomatis dengan Google Form
Selamat datang kami sampaikan kepada para pembaca budiman dan baik hati. Pada
postingan ini, kami akan membahas tentang cara membuat Rekap Absen Online
secara Otomatis dengan Google Form. Basis dari absensi ini adalah dengan
platform dari google yaitu dari google form. Setelah google dibuat, kita tinggal
mengatur pada spreadsheet yang memuat data kehadiran atau ketidakhadrian peserta
didik / murid.
Berikut adalah beberapa langkahnya.
1. Membuat Google Formulirnya, contohnya seperti pada gambar di bawah ini.
3. Setelah ada murid yang mengisi formulir tersebut, bukalah respon pada
formulir anda (Buka google drive lalu buka google formulirnya, klik bagian
respon)
4. Klik atau buka file spreadsheetnya,
5. Buka pada form response (lembar kerja 1)
6. Tambah 3 kolom selanjutnya seperti contoh di bawah ini
7. Penambahan 3 kolom dengan keterangan seperti pada gambar di atas, dilakukan
dengan menambahkan
Rumus Rekap Absen Otomatis
8. Tambahlah sheet atau lembar kerja baru pada spreadsheet dengan menekan
tanda plus di bagian kiri bawah spreadsheet. Lalu ganti nama misalnya Rekap
Absen Bulanan.
9. Pada sheet kedua, buat format rekap bulanan atau dengan copy paste dari
Format Rekap Absen
yang sudah disediakan. Contohnya seperti gambar berikut.
10. Masukan Rumus Rekap Absen Otomatis yang telah disediakan untuk merekap kehadiran murid secara kontinu.
Lebih lengkap dan detailnya dapat anda simak pada tayangan berikut.
Mohon maaf jika masih ada kekurangan dan semoga membantu bapak ibu dan
teman-teman semua.